Selamat Datang di SumbuITB.blogspot.com

Selasa, 30 April 2013

CAMPUS CENTER


Campus Center Barat ITB

Campus Center ITB atau yang kerap disebut sebagai CC ini terletak di bagian depan saat kita memasuki Gerbang Ganesha. Gedung ini berupa 2 gedung kaca putih yang seolah-olah mengapit pemandangan Gunung Tangkuban Perahu yang ada di belakangnya.

Gedung CC ini dibangun sekitar tahun 2004 dengan tujuan untuk wadah kegiatan non-akademik yang memiliki dua aktivitas berbeda. Gedung yang di aksitekturi oleh Baskoro Tedjo ini memiliki 2 sayap, yaitu sayap barat dan sayap kiri.

Gedung sayap barat dari CC ITB ini diperuntukkan sebagai tempat pelayanan mahasiswa dan pembimbingan kegiatan non-kurikuler. Selain itu, penghuni gedung sayap barat ini juga meliputi staf ahli wakil rector bidang kemahasiswaan, unit pelayanan beasiswa, dan pelayanan kegiatan kemahasiswaan lainnya. Gedung bagian barat memiliki bangunan basement berlantai 2 untuk kegiatan kemahasiswaan (unit).

Sedangkan sayap timur dari bangunan CC ITB, digunakan khusus sebagai tempat seminar, diskusi serta ruangan untuk berbagai eksbisi dan pameran. Gedung sayap timur disusun oleh Ruang Bussines Lounge, Discussion Room, serta Aula untuk eksibisi dan pameran.
Kedua sayap bangunan dihubungkan oleh sebuah bangunan penghubung yang berbentuk melingkar dengan dominasi kaca, yang difungsikan sebagai tempat memajang berbagai profil ITB dari masa ke masa. Bangunan penghubung ini kerap disebut sebagai Information Centre, seolah-seolah sebagai ruang musem yang bercerita mengenai perkembangan ITB sejak tahun 1920, dimana kita dapat melihat perkembangan ITB dari sisi historis (historical), people, achievement, serta dari sisi artifact.
Pada masa-masa sebelumnya, lokasi CC ini merupakan sebuah bangunan bersejarah bagi kemahasiswaan ITB yang menyaksikan berbagai kegiatan yang berlangsung selama 2 dekade umur ITB dengan dikenal sebagai Student Center atau SC.
Kini di sekitaran halaman gedung CC ini dihiasi oleh tanaman dan kolam teratai. Di samping itu, telah dilakukan beberapa pemugaran seperti Boulevard yang kini bertegel batu dengan kombinasi melingkar, lapangan basket dan volley ditambahkan amphyteater terbuka mini, penggantian lapangan tenis dengan taman berumput berbentuk segitiga, di mana masing-masingnya memiliki sejarah tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar